Tentang Nilna

Assalaamu’alaikum Saudaraku,

Perkenalkan, nama saya Nilna Iqbal, pria, kelahiran tahun 1967. Saya diberitahu orangtua, bahwa nama itu diambil dari bahasa arab yang artinya, “kabulkanlah cita-cita kami“.

Mungkin itu adalah do’a orang tua kami, karena itu saya pun memutuskan untuk terus berubah menjadi Lebih Baik lagi, lebih baik lagi.

Saya senang melakukan berbagai eksperimen dalam menjalani kehidupan, mencari mana yang lebih baik dan mana yang lebih berarti.

nilna iqbalSaya juga lebih mencintai kebebasan dalam menjalani kehidupan. Walau kadang sering nyerempet bahaya juga, namun semua yang saya alami, saya anggap adalah proses perjalanan menuju tujuan kesempurnaan diri saya.

Setelah menyelesaikan sekolah di MTsN Gunung Pangilun Padang dan MAN Koto Baru Padang Panjang, Sumatera Barat, tahun 1985 saya kuliah ke Bandung pada jurusan Astronomi ITB.

Selama kuliah saya pun aktif berorganisasi di Karisma Salman ITB dalam rangka mengembangkan diri.

Kemudian sambil kuliah saya pun nyambi bekerja di Majalah Adzan, lalu juga aktif menulis di beberapa surat kabar dan majalah nasional.

Dari bekal beberapa kali menjuarai lomba penulisan, saya tergerak membagikan ilmu dengan mendirikan sekolah menulis, tahun 1989.

Saat itu banyak orang bertanya keheranan, “… emang menulis bisa diajarin?” Hal ini wajar, sebab memang saat itu belum ada yang namanya kursus menulis, sekolah menulis ataupun pelatihan menulis. Bisa jadi sekolah menulis ini adalah yang pertama ada di Indonesia.

Waktu itu saya hanya punya satu keyakinan, sesungguhnya aktivitas menulis adalah ketrampilan “wajib” yang mestinya dimiliki semua orang, seperti halnya kemampuan berbicara.

Karena itu sambil beraktivitas pada beberapa media di Jakarta, saya terus mengembangkan “sekolah menulis” itu.

Saya mulai memperkenalkan dan memprogandakan Konsep Menulis Tanpa Beban (Fun Writing) dalam berbagai kesempatan mengajar, baik di Jakarta atau di Bandung.

Alhamdulillah saat itu banyak sekali mahasiswa. pelajar, akademisi dan kalangan professional yang ikut bergabung.

Sempat saya hitung-hitung alumninya sudah lebih dari 6000 an orang. Banyak pula diantaranya yang benar-benar “kena virus” dan kemudian terjun dalam berbagai profesi penulisan, penerbitan dan kejurnalistikan. Alhamdulillah. Minimal saya sempat ikut ngomporin mereka jadi “penulis”.

Beberapa Penghargaan Bidang Penulisan 

  • Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Populer Tingkat Nasional Bidang Pendidikan (1990)
  • Juara I Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional Bidang Perbankan; Bank Bali (1991)
  • Juara I Lomba Karya Tulis Jurnalistik Tingkat Nasional Bidang Sosial Budaya, Panitia Hari Kesetiakawanan Nasional (1992)

Pengalaman Profesi Jurnalistik & Media

  • Pendiri Writing School IRA Communications Bandung, 1989 – 1998.
  • Pimpinan Broadcasting School IRA Comunication Bandung, 1991-1998
  • Konsultan Media MCM-Publising (1989-1996)
  • Redaktur Tabloid Fokus Bandung, 1997/1998
  • Pemimpin Umum/Redaksi Majalah Yang MUDA (1988/1989)
  • Redaktur Majalah “Islamic Digest” Adzan (1990/1991)

***

Selain itu kegiatan saya lainnya adalah berwiraswasta. Saya terus belajar. Walau jatuh bangun berkali-kali 🙂 Nggak kapok-kapok juga.

Terus terang yang saya suka dari aktivitas berbisnis sesungguhnya bukan “uangnya”, tetapi lebih kepada “proses pembelajarannya”.

Banyak hal yang saya peroleh dengan berwirausaha. Saya belajar banyak tentang cash flow, perencanaan bisnis, manajemen, people skill, kepemimpinan, inovasi, kreativitas, delegasi, mentalitas berjuang, kerja cerdas, negosiasi, dll.

Usaha yang saya tekuni kebanyakan memang jasa pendidikan dan pelatihan. Saya mulai dari kursus menulis, lalu kursus komputer, kemudian upgrade bikin sekolah setara Diploma I/III komputer, lalu bikin sekolah penyiar, dan kemudian terakhir menggeluti usaha corporate training untuk berbagai instansi/perusahaan.

Kini saya pun belajar memanfaatkan internet sebagai alat bisnis. Saya belajar dari berbagai “guru online” di dalam dan luar negeri bagaimana membangun bisnis lewat internet. Maka mulailah saya membangun website/blog.

Blog Pustaka Nilna ini saya buat sebagai wadah tempat saya menyimpan berbagai koleksi sebagian naskah-naskah saya yang sempat beredar di beberapa media/penerbitan.

Sayangnya selama ini saya tidak mendokumentasikan penerbitannya dengan baik, sehingga saya tak bisa melengkapi setiap naskahnya dengan nama medianya, apalagi nomor edisi dan bulan terbitnya.

Selama berkegiatan bisnis online, sekedar untuk menguji diri sendiri, saya ikut beberapa kontes penjualan online.

Salah satunya alhamdulillah memperoleh anugerah Accesstrade Award 2017 yang mana salah satu website saya waktu itu berhasil menjadi juara pertama kategori Online Service. Surprise banget waktu itu! Tapi hadiah perjalanan ke Thailand nya nggak saya ambil … he he.

Akhirul kalam … semoga saja koleksi tulisan-tulisan saya di blog ini ada juga tambahan manfaatnya untuk Anda. Saya senang dengan kunjungan anda 🙂

54 thoughts on “Tentang Nilna”

  1. Salam kenal, Mbak Nilna.
    Saya adalah seorang mahasiswa tahun kedua yang sedang mulai belajar menulis di blog. Saya tertarik dengan Konsep Menulis tanpa Beban yang Mbak utarakan di atas. Dimana kira-kira saya bisa temukan penjelasan konsep itu? Maaf, saya tidak bisa lama-lama berkunjung kali ini.

    sign out

    ——————-
    Maaf saya ada kumisnya lho 🙂 Soal konsep menulis tanpa beban, menurut saya sekarang ini sudah banyak tersebar di berbagai buku tentang penulisan, walau namanya mungkin tidak persis sama. Saya sudah kunjungi blog Anda, bagus banget.

  2. Menarik sekali baca blog ini. Bersyukur aku terdampar di sini by accident.. banyak sekali tulisan yang menginspirasi. Keep it all!
    PS: ada kumisnya? sama dunk..:)
    Salam kenal, gruesse aus Ulm, Germany.
    ———————-
    Salam kenal juga. Makasih sudah mampir disini…

  3. awak indak tahu, apakah Nilna masih ingat dengan awak, hehe…Kebetulan, saya buka gooogle mencari referensi, ternyata di dalam referensi itu ada bloq Nilna, ah, menurut saya pasti teman saya waktu menulis di Padang dulu. Sukses selalu, ya.
    ———————-
    Alhamdulillah, ketemu juga. Sempat aku nyari-nyari dimana “dikau” berada, terutama saat aku ngadain acara pelatihan di Padang. Pengen dengar juga nih kisah-kisah “petualangannya” di berbagai belahan dunia. Masih di KOMPAS ‘kan?

  4. welgedewelbeh
    salam kenal pak …… ayo bareng-bareng membangun dan berkarya … kunjungi blog-ku ya
    ———————-
    makasih udah mampir disini. Blog nya udah aku kunjungi. Bagus banget. Thanks ya 🙂

  5. Semoga buku-buku tulisan saya bisa memberikan manfaat buat Mas Nilna.
    Terimakasih telah membacanya.
    Sukses selalu buat Mas Nilna!
    Salam Luar Biasa Prima!
    Wuryanano
    http://wuryanano.com/
    ————————
    Terima kasih Pak Nano. Saya senang sekali. Ketika membacanya, saya merasa sedang menginstall kata-kata positif di alam bawah sadar saya. Sekali lagi terima kasih, Pak.

  6. Mampir lagi Mas Nilna. Trims sudah ikut meramaikan milist Super Mind Power. Semoga milist ini semakin berkembang dengan kehadiran Mas Nilna.
    Sukses selalu Mas!
    Wuryanano
    ———————
    Wah, surprise lagi. Senang sekali Bapak bersilaturrahmi disini. Milis itu juga banyak memberi inspirasi bagi saya khususnya. Salam luar biasa prima Pak 🙂

  7. met siang mas Nilna…
    akhirnya saya bisa melihat foto dan blog mas. selama ini saya hanya bisa membaca dari kiriman beberapa teman yang dicopy dari blog ini.
    tulisan mas banyak sekali membantu dan menambah wacana saya. heibat… tambah maju ya mas… saya tunggu tulisan lainnya. nggak apa2 khan saya punya file khusus tulisan mas nilna. terima kasih buanyak buanget…
    salam sukses selalu
    ——————-
    Terima kasih mas Arie. Oh ya jangan lupa langganan artikel-artikel Pustaka Nilna ya. Klik aja http://www.feedburner.com/fb/a/emailverifySubmit?feedId=1035041&loc=en_US

  8. Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
    Halo Al
    lama ndak basuo
    (ada berapa belas tahun ya?)
    Kok ketemunya di dunia maya nih?
    Jangan-jangan udah lupa…………………siapa ini, ya?
    —————–
    Mas Purwanto, wah surprise nih 🙂 Bisnis apa sekarang? Ntar aku japri ya..

  9. hebat euy,

    btw, apa kolom iklan nya ada harga nya juga ?
    kita saling link deh blog nya

    salam hangat dari tengah kebun teh

    Hendra Messa

    —————
    Terima kasih udah berkunjung Hen. Link nya udah aku masukkan ya 🙂 Salam

  10. Assalamu’alaikum,
    Saya masih ingat bang Nilna waktu abang masih mentor saya di KARISMA Salman. Cuma itu sudah lama sekali (mungkin 20 tahun yang lalu) jadi kalau abang lupa saya maafkan 🙂

    wassalam,
    Syarif Ahmad, Pittsburgh, PA, USA

    ——————-
    Wah udah lama sekali ya. Rasa-rasanya saya masih ingat. Kirim foto keluarganya ke emailku nilnaiqbal@yahoo.com ya :)Salam buat keluarga.

  11. Selalu senang jika mampir di sini, Mas Nilna.
    Semoga semakin sukses ya.

    Salam Luar Biasa Prima,
    Wuryanano 🙂

    ————————-
    Alhamdulillah. Saya selalu gembira dan senang sekali atas perhatian dan kunjungan Mas. Semoga juga makin sukses ya.

  12. alhamdulillah, aku berkesempatan mengunjungi blog sebagus ini. bukan sekedar memuji, tapi inilah kenyataan.

    dalam kunjungan perdana ini pula, aku minta ijin untuk memuat link ke dalam blog saya.

    banyak sekali tulisan bisa dipelajari dan menjadi bahan renungan disini.

    salam kenal,
    salwangga

  13. Selamat ya Kang. Blognya memberi manfaat bagi banyak orang. Mudah-mudahan jadi amal yang mengalir. Bolehlah tukar link ya Kang…

    Bagi yang kesulitan menulis, inilah pakarnya memecah kesulitan itu. Sudah ribuan orang yang Kang Iqbal keluarkan dari reruntuhan susah menulis. Saya berekomendasi kuat atas beliau.
    Wassalam
    Irfan, http://bangirfan.wordpress.com/

  14. Pak Iqbal,
    Saya mohon bimbingan mesin uang “AutoPilot”.
    Bisa tunjukkan dimana penyedia softwarenya?
    Yang ada di Indonesia semuanya udah tangan ke 3 atau lebih.
    Saya ingin yang masih tangan pertama.
    Terima kasih atas bantuannya, semoga Allah SWT mebalas budi baik pak Iqbal.
    Salam

    _______________
    Mas Dian, terima kasih sudah berkunjung ya. Mengenai pertanyaan mas Dian, terus terang saya sendiri kurang tahu provider yang aslinya (tangan pertama). Barangkali bisa mas Dian telusuri lagi ya 🙂
    Trims’

  15. Selamat Da Al. atas kegiatan tulis-menulisnya. Walaupun perintah pertama kepada Nabi Muhammad Iqra’ (bacalah). Tapi menurut saya, tidak akan bisa membaca ketika tulisan tidak ada (tulisan tersurat atau tersirat).

  16. Alhamdulillah saya bisa kenal sama Pak Nilna. Dari experiment saya mengenal bisnis internet, dan terdamparlah di jaringan Pak Nilna. Saya orang yang masih sangat awam ( boleh dibilang gaptek lah…). Tapi membaca blog dan tulisan dari Bapak banyak membuat energi pikir saya tambah semangat. Makasih . Salam sukses selalu.

  17. Pak Iqbal apa khabar? saya salah satu mahasiswa STIKMI Bandung yang Pak Iqbal dirikan, pada saat itu saya menerima lembaran goal setting dan selalu saya pelajari dan saya rekam dalam otak, alhamdulilah walau saya cuma lulus DI komputer akuntansi namun saya berhasil jadi akunting di perusahaan asing dan udah jd account officer sampai sekarang, makasih Pak Iqbal atas semua bimbingannya, btw kalau ada perlu sama STIKMI sekarang kampus dan kantornya dimana ya?
    ————-
    wah senang sekali mendengar kesuksesannya. semoga makin berkibar ya 🙂

    oh ya, STIKMI Bandung, saat ini sudah OFF. Beberapa tahun lalu, stikmi bandung “dibeli” oleh seorang pengusaha dari Cimahi. Tapi sayangnya, hanya bertahan beberapa tahun, lalu saya gak dengar lagi beritanya.

    Blog nya bagus Anny. Tulisan-tulisannya sangat inspiratif. Sukses yah!

  18. Assw…

    Salam kenal, Pak Nilna…

    Saya sangat terinspirasi dengan tulisan-tulisan bapak. Sukses selalu Pak… semoga suatu saat bisa berjumpa, siapa tau bisa bertukar pikiran

    Sukses selalu,

    Lafran

  19. salam kenal ya Pak Iqbal, apa kabarnya Pak Iqbal….? saya senang bangat bergabung di Programnya Pak Iqbal. semoga sukses selalu dalam aktivitasnya pak Iqbal. salam damai dari saya.

  20. Assalammualaikum wr wb..
    subhanallah, sy senang membaca tulisan bpk.. keahlian menulis+pengalaman/jam terbang yg luar biasa menghasilkan tulisan2 yg inspratif.. jazakumullah.. 🙂
    #
    yg comment di atas bpk aprianto sepertinya sy kenal.. bpk director aprianto.. 🙂

  21. ass,, oh ternyata pak iqbal direktur intermedianya yah..
    senang skali membaca prestasi diBlog ny..
    mudah-mudahan sy dpt ilmunya dr workshop bpk nantinya..
    tp syg dijadwal bpk bkn pemateri..

    success pak?

  22. met siang mas Nilna…
    akhirnya saya bisa melihat foto dan blog mas. selama ini saya hanya bisa membaca dari kiriman beberapa teman yang dicopy dari blog ini.
    tulisan mas banyak sekali membantu dan menambah wacana saya. heibat… tambah maju ya mas… saya tunggu tulisan lainnya. nggak apa2 khan saya punya file khusus tulisan mas nilna. terima kasih buanyak buanget…
    salam sukses selalu
    ——————-
    Terima kasih mas Arie. Oh ya jangan lupa langganan artikel-artikel Pustaka Nilna ya. Klik aja http://www.feedburner.com/fb/a/emailverifySubmit?feedId=1035041&loc=en_US

    +1

Leave a Comment